Lionel Messi Sadar Kemampuannya Semakin Berkurang

June 13, 2024

Mantan superstar Barcelona, Lionel Messi memilih untuk meninggalkan sepak bola Eropa musim panas tahun lalu, sebagai bagian dari babak baru dalam kariernya.

Sport.co Bintang Timnas Argentina Lionel Messi mulai berbicara tentang rencananya untuk pensiun dengan seragam Inter Miami.

Mantan superstar Barcelona itu memilih untuk meninggalkan sepak bola Eropa musim panas tahun lalu, sebagai bagian dari babak baru dalam kariernya.

Messi telah memainkan peran penting di lingkungan barunya itu, sebagai kapten Inter Miami juga dalam upaya klub tersebut bersaing untuk merebut gelar Major League Soccer (MLS) musim ini.

Kontrak pemain berjuluk La Pulga bersama klub asal Florida, Amerika Serikat (AS) itu baru akan habis pada Desember 2025. Messi menyebut akan membuat keputusan tentang masa depannya saat waktunya tiba.

Messi bakal memimpin Timnas Argentina di Copa America 2024, yang akan digelar bulan ini. Pemain berusia 36 tahun ini tetap percaya diri bisa bermain di Piala Dunia FIFA 2026.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ia kemungkinan perlu memperpanjang kontraknya di Inter Miami, dengan Piala Dunia 2026 akan dimulai sesaat sebelum ulang tahunnya yang ke-39.

Dengan semakin dekatnya tahun-tahun terakhir kariernya, Messi mengakui bahwa ia memiliki persepsi baru terhadap sepak bola, dan menegaskan Inter Miami akan menjadi tujuan akhir dalam kariernya yang luar biasa.

“Inter Miami akan menjadi klub terakhir saya. Saya suka bermain sepak bola. Saya lebih menikmati segalanya karena saya sadar segalanya semakin berkurang,” kata Messi, seperti dikutipĀ ESPN.

“Sangat sulit meninggalkan Eropa untuk datang ke sini (Amerika Serikat). Fakta menjadi juara dunia banyak membantu untuk mulai melihat sesuatu secara berbeda,” tambahnya.

“Sekarang saya bisa menikmati lebih banyak hal dan saya tahu saya semakin dekat dengan masa pensiun,” tutur eks pemain Paris Saint-Germain ini.