Argentina Kecam Kualitas Lapangan Copa America 2024

June 22, 2024

Sport.co – Argentina memulai Copa America 2024 dengan positif. Tapi start oke itu diwarnai keluhan besar soal kualitas lapangan.

Argentina menang 2-0 atas Kanada pada laga pertamanya di Copa America 2024, Jumat (21/6/2024) pagi WIB. Tiga poin didapatkan dari gol Julian Alvarez dan Lautaro Martinez, yang seluruhnya dicetak di babak kedua.

Babak pertama berjalan sulit buat La Albiceleste. Lionel Messi dkk kesulitan tampil cair dan rentan terjebak serangan cepat Kanada, yang sempat membangkitkan memori kekalahan 1-2 dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni menyebut salah satu alasan utamanya adalah kondisi lapangan yang buruk. Lapangan Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat itu –markas Atlanta United di MLS dan Atlanta Falcons di NFL– mulanya punya rumput sintetis.

Tapi kemudian rumputnya diganti dengan rumput temporer untuk Copa America. Ini justru jadi blunder dari panitia, setidaknya menurut Argentina.

“Awalnya berjalan seperti laga melawan Arab Saudi, dengan perbedaan kami saat itu bermain di lapangan yang lebih layak. Dengan segala hormat ya, untungnya kami menang,” kata Scaloni dilansir Guardian.

“Kalau tidak, ini bakal jadi alasan yang murahan. Kami sudah tahu selama tujuh bulan bahwa kami akan main di sini dan mereka mengganti rumputnya dua hari lalu.”

“Itu tak bagus buat pertunjukan. Ini bukan alasan ya, stadionya bagus dan dengan rumput sintentis, pasti spektakuler. Tapi dengan rumput hari ini, kondisinya tak cocok buat para pemain semacam ini,” imbuhnya.

Kiper Argentina Emiliano Martinez berharap penyelenggaran mempertimbangkan lebih serius perihal lapangan. Apalagi gelaran Copa America 2024 berbarengan dengan Euro 2024, sehingga mudah memantik perbandingan.

“Kami harus lebih baik di aspek itu. Kalau tidak, Copa America akan selalu satu level lebih rendah dibandingkan Piala Eropa,” cetusnya.