Aturan Baru di Euro 2024, Mungkin Bakal Ada 6 Top Skor Bersama!

July 13, 2024

Rebutan gelar top skor selalu jadi cerita menarik di setiap kompetisi, apalagi kompetisi dengan format turnamen seperti Euro 2024. Saat ini, ada beberapa nama yang masih bersaing merebut sepatu emas.

Persaingan pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2024 memang tidak begitu sengit seperti yang diharapkan. Saat ini ada enam pemain yang mencetak tiga gol, tidak ada yang benar-benar unggul.

Di antara enam pemain tersebut, tersisa dua di antaranya yang masih bertanding di laga final nanti, yaitu Harry Kane di Timnas Inggris dan Dani Olmo di Timnas Spanyol.

Final Euro 2024 bakal dimainkan pada Senin 15 Juli 2024, kick-off jam 02.00 WIB. Bukan hanya rebutan trofi yang menarik, persaingan top skor juga tidak kalah seru.

Nah di Euro 2024 kali ini, untuk pertama kalinya, UEFA sedikit mengubah aturan penentuan top skor. Apa perubahan yang dimaksud?

Aturan Golden Boot Euro Sebelumnya

Aturan top skor sebenarnya sederhana dan berlaku universial di setiap turnamen. Intinya, pemain yang mencetak gol paling banyak maka akan dinobatkan sebagai top skor.

Nah di edisi Euro tahun-tahun sebelumnya, ketika ada dua atau lebih pemain dengan torehan gol yang sama, penentuan pemenang bakal memperhitungkan jumlah assist.

Contohnya di Euro 2020. Saat itu ada Cristiano Ronaldo dan Patrick Schick yang sama-sama mencetak lima gol. Biar begitu, gelar top skor diberikan kepada Ronaldo yang saat itu juga menyumbang satu assist, sedangkan Schick tidak.

Selanjutnya, jika jumlah assist tidak cukup menentukan pemenang maka faktor penentu berikutnya adalah menit bermain. Pemain dengan menit bermain paling sedikit akan terpilih sebagai top skor.

Bagaimana di Euro 2024?

Nah aturan penentuan top skor tersebut sudah berlaku selama bertahun-tahun. Namun, mulai tahun 2024 ini, UEFA membuat sedikit perubahan. Bahkan perubahan ini diumumkan mendadak, yaitu pada Jumat 12 Juli 2024 kemarin.

“Jika ada hasil yang sama maka gelar top skor akan dibagi bersama,” demikian bunyi pengumuman UEFA.

Nah saat ini ada enam pemain berbeda yang sama-sama mengoleksi tiga gol. Hanya Harry Kane dan Dani Olmo yang masih bertahan di turnamen.

Artinya, jika Kane atau Olmo menambah satu gol lagi, kemungkinan mereka akan merebut sepatu emas Euro 2024. Jika tidak ada perubahan maka gelar top skor akan dibagi kepada enam pemain tersebut.