Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah

Sinopsis Film Godzilla Minus One: Kembalinya Monster Raksasa ke Permukaan Pasca Perang di Jepang

Movie+Godzilla: Minus One adalah film yang menghadirkan pengalaman yang unik dalam dunia film monster khas Jepang. Film ini mengambil latar belakang di Jepang modern, di mana Godzilla telah menjadi ikon yang dikenal luas. Namun, yang membuat film ini berbeda adalah pendekatannya yang berani dalam memperkenalkan sudut pandang yang jarang dieksplorasi dalam cerita monster sebelumnya.

Dalam Godzilla: Minus One penonton dihadapkan pada perspektif monster, khususnya Godzilla sendiri. Melalui kamera yang dipasang pada tubuh Godzilla, penonton dapat melihat dunia dari sudut pandang monster tersebut. Hal ini memberikan nuansa baru dalam menyaksikan pertarungan monster yang biasanya hanya dilihat dari sudut pandang manusia. Dengan pendekatan ini, penonton dapat lebih merasakan betapa besar dan menakutkannya Godzilla dalam skala yang lebih personal.

Dari segi visual, Godzilla: Minus One juga memberikan pengalaman yang mengesankan. Efek khusus yang digunakan untuk menciptakan dunia monster yang hidup dan dinamis berhasil menghadirkan pertarungan yang spektakuler antara Godzilla dan monster lainnya. Setiap adegan pertarungan dipresentasikan dengan detail yang memukau, sehingga membuat penonton benar-benar terhanyut dalam aksi yang ditampilkan.

Bahkan, kemarin film ini memenangkan piagam Oscar Academy Awards 2024 sebagai film dengan efek visual terbaik.

Tetapi, ada banyak sekali pembicaraan tentang anggaran produk Godzilla Minus One sebesar $15 juta, yang mengalahkan tren Hollywood dengan anggaran di bawah ratusan juta dollar, namun tetap memiliki efek visual yang memukau, melansir dari IGN.com, Selasa (12/03/2024)

Pembicaraan tersebut semakin meningkat, karena film ini memenangkan piagam Oscar yang dimana mengalahkan para pesaingnya seperti Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Mission: Impossible – Dead Reckoning.

Tidak hanya menjadi film Godzilla pertama yang memenangkan Oscar, serta juga film ini merupakan kemenangan pertama untuk film Jepang, namun anggaran produksinya juga cukup mencengangkan jika dibandingkan dengan pemenang sebelumnya dalam kategori ini.

Sang sutradara film ini yaitu Takashi Yamazaki belum mengungkapkan angka spesifik untuk anggaran Godzilla Minus One, namun telah mengkonfirmasi bahwa film ini menghabiskan dana antara $10 juta hingga $15 juta, dengan tim efek visual yang terdiri dari 35 orang.

Film terakhir yang memenangkan Oscar kategori efek visual dengan anggaran yang sama dengan Godzilla Minus One adalah Ex Machina karya Alex Garland pada tahun 2015, yang juga memiliki anggaran $15 juta.

Namun, hal itu pun tidak cukup untuk menyamai prestasi Godzilla Minus One, karena Ex Machina juga merupakan sebuah anomali yang dimana ada yang mengatakan biaya produksinya lebih dari itu.

Setiap pemenang lain dalam kategori ini menghabiskan biaya setidaknya empat kali lipat lebih banyak daripada film-film tersebut, dengan pemenang dengan biaya paling murah berikutnya adalah First Man di Oscar 2018. Film ini menghabiskan biaya sekitar $60 juta.

Film pemenang Oscar kategori efek visual lainnya mencapai ratusan juta dollar. Itu termasuk pemenang terakhir sebelum Godzilla Minus One, Avatar: The Way of Water pada tahun 2023, yang anggaran produksinya dilaporkan mencapai $350 juta – $400 juta.

Bagaimana bisa mereka melakukan hal itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Ini Dia 5 Rekomendasi Film Horor yang Siap Tayang pada Lebaran 2024, Nomor 3 Angkat Kisah-Kasus Pembunuhan 2 Sejoli di CirebonIni Dia 5 Rekomendasi Film Horor yang Siap Tayang pada Lebaran 2024, Nomor 3 Angkat Kisah-Kasus Pembunuhan 2 Sejoli di Cirebon

Movie+ Libur Lebaran 1445 menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Mengisi libur Lebaran tentunya akan dihabiskan untuk bersilaturahmi kesanak saudara dan tentunya berlibur bareng keluarga ketempat wisata. Berlibur ketempat wisata tentunya